Langsung ke konten utama

Bhineka Tunggal Ika atau Bhineka Tunggal Aku?

LATHIFA MILLATI SAIFULLAH
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Perbedaan memiliki kata dasar beda yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sesuatu yang menjadikan berlainan(tidak sama) antara benda yang satu dan benda yang lain. Perbedaan sering kali kita temu dalam kehidupan sehari-hari mulai dari perbedaan fisik, strata sosial, jenis kelamin, orientasi seksual, agama dan keyakinan, ras, suku, bahasa, bahkan negara. Perbedaan secara fisik meliputi warna kulit, warna mata, bentuk hidung, berat badan, bentuk rambut, tinggi badan, dan lain sebagainya. Selain perbedaan fisik, manusia juga membuat derajat sosial mulai dari berderajat tinggi di masyarakat, biasa saja, hingga merupakan golongan yang dianggap tingkat bawah. Jenis kelamin meliputi laki-laki atau perempuan.
Selain perbedaan jenis kelamin, baru-baru ini ramai dibahas mengenai perbedaan orientasi seksual yang meliputi heteroseksual, homoseksual, biseksual. Menyangkut pada panasnya perdebatan mengenai orientasi seksual, perbedaan yang sangat mencolok adalah perbedaan agama dan keyakinan meliputi Hindu, Kristen, Islam, Konghucu, Budha, Shinto, Baha’i, dan lain sebagainya. Selain perbedaan-perbedaan tersebut, perbedaan yang tidak kalah mencolok di Indonesia adalah perbedaan suku dan Bahasa Ibu. Perbedaan tidak hanya terjadi di dalam suatu negara namun juga sangat mungkin terjadi perbedaan antar negara.
Mendapati perbedaan yang sangat beragam membuat saya merasa sangat beruntung menjadi bagian dari Indonesia . Indonesia menyuguhkan berbagai perbedaan di seluruh penjuru negeri. Indonesia dikatakan sangat kaya dengan budayanya, terkait dengan suku maupun bahasa ibu. Menurut data dari ………………. Indonesia tercatatat memiliki ….. suku pada tahun …. Beragamnya suku di Indonesia, berbanding lurus dengan beragamnya bahasa ibu yang dimiliki masyarakat Indonesia, ………… melansir bahwa Indonesia memiliki …….. macam bahasa pada tahun …… Perbedaan bahkan bukan hanya mengenai bahasa, namun juga mengenai logat daerah. Di Indonesia, Bahasa Jawa di masing-masing daerah memiliki perbedaan. Adanya perbedaan beberapa kata di Kediri seperti “ye” dengan Blitar “tho”, membuat keberagaman tersebut makin nyata terlihat.
Perbedaan di Indonesia bukan hanya mengenai perbedaan suku dan bahasa ibu saja, tetapi juga mengenai keyakinan. Ada 6 agama yang diakui di Indonesia, Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katholik, Konghucu, dan aliran kepercayaan. Semua perbedaan khususnya mengenai agama sudah pernah dibahas ketika memutuskan dasar negara Indonesia, khususnya sila pertama Pancasila. Pada awalnya, sila pertama pada piagam Jakarta berbunyi ………….. Namun, berdasarkan hasil musyawarah, diambilah keputusan bahwa sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini mengindikasikan dengan jelas bahawa para pendiri bangsa(founding fathers) menaruh harapan yang besar kepada kita untuk dapat bersatu dalam perbedaan.
Dibalik berbagai corak perbedaan yang ada, sangat disayangkan ketika seringnya konflik justru disebabkan oleh perbedaan yang ada. Pada ….. diberitakan bahwa terjadi pembakaran gereja di …….. yang disebabkan ……… Ingatan segar kita mengenai aksi terorisme di Sarinah pada tanggal …… juga menjadi indikator yang sangat jelas bahwa kurang adanya toleransi antar sesama manusia. Menelisik lebih lanjut, sering kali aksi terorisme disangkut pautkan dengan sekelompok orang dengan agama tertentu. Para teroris berpikir bahwa dirinyalah yang paling benar sehingga mereka berhak mengeksekusi orang yang tidak sepaham dengannya. Dengan dalih agama, mereka menebar teror di berbagai penjuru dunia.
Hal yang lebih sederhana untuk menggambarkan perbedaan masih dianggap masalah, dibandingkan dengan aksi terorisme dan juga perusakan rumah ibadah, adalah stereotip terhadap kelompok tertentu. Tidak jarang dari masyarakat menggolong-golongkan karakter suku-suku di Indonesia. Tidak jarang pula masyarakat Indonesia membatasi jarak pergaulan mereka karena stereotip tersebut. Bahkan, menjadikan suku tertentu di Indonesia sebagai guyonan adalah hal yang biasa dilakukan. Pokok bahasan guyonan tersebut bukan hanya mengenai suku, namun terkadang juga logat bahasa. Menirukan logat bahasa di luar daerah seseorang, kemudian menertawainya bahkan mengolok-olok logat dan juga bahasa ibu mereka yang tidak berasal dari daerah yang sama nampaknya sangat lazim dapat ditemui di negara “Bhineka Tunggal Ika ini”.
Hal-hal selain bahasa ibu dan adat yang dijadikan bahan guyonan adalah perbedaan fisik. Seringkali orang yang berkulit hitam dihina di masyarakat dunia. Bukti nyatanya adalah presiden USA pertama yang berkulit hitam adalah Barack Obama. Bukanlah suatu rahasia bahwa di dunia pernah terjadi gap yang luar biasa mengenai perbedaan. Jika kita mememutar memori, di dunia pernah terjadi kejahatan genosida yang luar biasa. Seorang tokoh dari Jerman, Adolf Hitler, seringkali disebut-sebut sebagai seorang ditaktor yang memiliki misi menghabisi manusia yang tidak ideal menurutnya. Dilansir dari ........ Adolf Hitler telah membunuh sekitar ........ orang. Aksi yang dilakukan Hitler ini mendapat kecaman keras dari seluruh penjuru dunia dan dianggap sebagai pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) yang luar biasa. Kejahatan genosida ini dapat dihentikan pada ...... berkat kerjasama dari ....
Kejahatan setipe Hitler (pembunuhan terhadap mereka yang berfisik tidak ideal menurut Hitler) juga masih dilakukan saat ini meski dengan cara yang berbeda. Cara yang dilakukan saat ini bukanlah dengan melakukan kekerasan fisik yang menimbulkan bekas memar, namun dengan kekerasan verbal maupun kekerasan psikologis. Kekerasan verbal bisa dilakukan dengan memberi label pada seseorang atau biasa kita sebut dengan julukan. Memanggil seseorang dengan bukan namanya adalah hal yang dianggap lumrah, contohnya item, gendut, bimoli, ceking, caplang,dan masih banyak lagi. Selain dengan menjuluki, menurut Action#breakthechain, kekerasan verbal meliputi memaki, menghina, meneriaki, mempermalukan di depan umum, menyoraki, menebar fitnah, dsb. Menurut Wahyuni, jenis-jenis erbal bullying meliputi pemberian nama atau julukan tertentu, menghina, mengejek, mengintimidasi, komentar bernada rasis, maupun kekerasan verbal lainnya. Sedangkan kekerasan psikologis menurut Action#breakthechain, meliputi memandang sinis, mengancam, mempermalukan, mengucilkan, mencibir, mendiamkan, dsb.
Berdasarkan data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia pada 20 Oktober 2015, terus terjadi peningkatan jumlah kekerasan terhadap anak sebagai berikut:

Menurut Liza (dalam Wahyuni) mengenai efek kata-kata menusuk yang kita ucapkan, “Efeknya tidak ada mimisan, bengep, seperti intimidasi fisik, tapi nikam banget ke dalamnya(jiwa), kena banget. Oleh sebab itu biasanya tingkat bunuh diri paling banyak berasal dari cyber bullying dan verbal bullying.” Dilansir dari situs bullyingstatistic.org(dalam Wahyuni), verbal bullying memang dapat mempengaruhi citra diri kondisi psikologis. Intimidasi verbal juga dapat membuat percaya diri seseorang menurun bahkan sampai mengarah pada depresi. Dalam kondisi yang ekstrem, korban kekerasan verbal dapat melakukan bunuh diri. Parahnya, pada orang tertentu, dampak bullying itu bisa melekat dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan tidak jarang juga orang yang di-bully di masa kecilnya mengalami dampaknya sampai dewasa, misalnya tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup untuk tampil di depan orang lain.
Perbedaan yang sering kali dianggap sebagai sumber konflik, ternyata tidak selamanya menjadi konflik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan bertoleransi akan setiap perbedaan yang ada. Saat setiap manusia dapat menghargai satu sama lain, maka perdamaian dunia niscaya akan terjadi. Saya merasa beruntung menjadi bagian dari Indonesia karena bagi saya Indonesia adalah bagian kecil dari dunia dengan berbagai perbedaan. Berbagai perbedaan yang ada seharusnya dianggap sebagai berkah. Salah satu film yang mengajarkan tentang baiknya perbedaan di antara manusia. Di dalam salah satu episode Strawberry Shortcake mengisahkan tentang seorang teman Strawberry yang tidak dapat menerima perbedaan yang ada. Pada saat itu, Strawberry berniat untuk menyadarkan kawannya bahwa perbedaan itu baik dan bahkan perlu. Strawberry menyelenggaran suatu pesta topeng. Di pesta itu, dia meminta semua teman-temannya berpura-pura memiliki kesukaan yang sama dengan teman yang tidak bisa mengakomodasi perbedaan. Semua teman-teman Strawberry mengambil kue kesukaan dari si tokoh yang ingin disadarkan. Si tokoh yang ingin disadarkan menjadi marah-marah karena dia tidak mendapatkan bagian roti kesukaannya. Pada saat itulah Strawberry dan teman-teman yang lain membuka topeng mereka. Strawberry menjelaskan bahwa perbedaan itu diperlukan dan memang perbedaan adalah sesuatu yang tidak mungkin dihindarkan.
Berbicara mengenai perbedaan tersebut, sering kali kita beranggapan bahwa perbedaan itu bagaikan air dan minyak yang tidak dapat bersatu. Di saat kita sangat mempercayai hal tersebut, kita menjadi pesimis dan melupakan bahwa ilmuwan telah menemukan sabun. Sabun dapat berfungsi untuk menyatukan air dan minyak. Jika kita mau berpikir lebih kritis, kita bisa mengambil filosofi dari air, minyak, dan sabun. Air dan minyak diibaratkan dua orang atau dua kelompok yang berbeda pandangan. Sedangkan sabun diibaratkan sebagai toleransi antar dua orang yang berbeda pandangan tersebut. Selain itu, perbedaan juga merupakan sesuatu yang indah bagaikan warna pelangi yang beragam. Pelangi tidak mungkin indah jika cahaya putihnya tidak dapat dibiaskan menjadi warna mereh, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
“Jika tanah cuma ditanami satu tanaman yang sama, maka tanah cenderung tidak subur dan sebaliknya”-Ghivo Pratama


Referensi:
Wahyuni, Tri m.cnnindonesia.com Kekerasan Verbal Lebih Berbahaya Dibanding Fisik 14 01 2016
KBBI Offline

Komentar

Postingan populer dari blog ini

naskah pidato bahasa inggris/ speech text 2: THE ROLE OF SCIENCE IN EMPOWERING HUMAN AND ENVIRONTMENT OF INDONESIA

nb: naskah lolos ke babak 12 besar USF(Undip Science Fair) Speech Contest 2015 THE ROLE OF SCIENCE IN EMPOWERING HUMAN AND ENVIRONTMENT OF INDONESIA By LATHIFA MILLATI SAIFULLAH (STATE UNIVERSITY OF MALANG)                 What is the meaning of empowering? Base on dictionary empowering means giving power that I define here as science has a very big role in giving power to increase our quality of life. It is including our social of life and our environment. In this 21 st of century, the development of science is so rapid, it is proved when I was a kid, I should go to my friends’ houses to ask them to play with me. However, when I need them now, I just need to stay at home because we are connected by internet. Internet as one of sophisticated of science development gives us so many benefits. Even if some fuddy-duddies said that science development just can break our traditional culture, our nature, and our social of life. Those kind of visions are not totally true. Let’s see

naskah pidato bahasa inggris/ speech text : Education, Is that Important?

Education, Is that Important? By LATHIFA MILLATI SAIFULLAH             Today I will talk about education. I believe that most of you here moreover all of you here as academicians, totally agree that education is so important for our life. Although the title of my speech today is heard like there is tendency that sometimes I agree that education is not so important. However, don’t judge me please because I will give my clarification. My clarification will start from hot issues related to education in our beloved country, the second I will tell you about the real goal of education and some theory about education, and the last I will try to give my suggestion about how should education run in Indonesia.             Ladies and gentleman, do you know about Mr. Anang ? Of course he is not Ashanti’s husband. This name suddenly became so popular when one of student in Senior High School, Muhammad Tsaqif Wismadi from Senior High School 3 Yogyakarta, declared he found the leakage of n

2015 Worldwide Essay Contest-Bid4paper

Sumber Gambar Halo Kawan Lathifa! Gimana kabarnya? Pernah nggak sih Kawan Lathifa jatuh cinta dan memperjuangkan seseorang? Hehe. Gimana tuh perjuangannya? Pasti nggak lelah dong buat perjuangin? Hehe sama sih. Sejak ikutan lomba esai yang diselenggarakan The Living Rainforest, Lathifa jadi makin penasaran untuk coba lagi dan lagi lomba esai (utamanya yang GRATIS hahaha ). Nah kali ini Lathifa ikutan lomba esai yang diakan oleh Bid4paper di tahun 2015. So pasti, lomba ini GRATIS!!! Untuk Kawan Lathifa yang penasaran bagaimana karya pemenang, kuy mampir ke sini ! Jujur sih, aku buat lomba ini parno. Why ? Karena aku ngerjakan esai ini super duper mepet deadline wkwk. Nah di tahun 2015, Lathifa lagi kuliah di tahun pertama. Naskah esai ini juga masih asli alias no edit edit  dan ini tanpa riset sih sebenarnya hahaha. Ini murni dari imajinasi setelah nonton berita tentang penemuan kacamata yang bisa digunakan untuk memberikan sensasi mimpi yang bisa diatur pada saat fase REM ( Rap